Apa itu Hosting

Membuat website ibarat membangun rumah. Jadi ada instrumen yang harus dipenuhi untuk jadi sebuah website. Disini Hosting berperan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai file yang ada di website.

Peran hosting sangat vital sehingga perlu diketahui oleh pengguna yang ingin terjun kedua internet.

Untuk lengkapnya kita bahas bersama apa itu hosting, bagaimana hosting berfungsi dan berapa macam hosting yang ada.

Apa Itu Hosting

Hosting seperti yang telah diumpamakan diatas sangat vital untuk website. Jadi hosting merupakan sebuah tempat menyimpan berbagai data yang berupa gambar, video, artikel dan seluruh data website sehingga nantinya bisa diakses melalui internet.

Hosting akan merespon panggilan dari domain saat diketik pada browser sehingga menampilkan data yang telah dibangun oleh developer.

Tanpa adanya hosting, website tidak bisa dibangun. Terus bagaimana dengan platform blogger yang tidak memakai hosting? hehe… apa iya tidak pakai hosting, blogger tetap memakai hosting namun digratiskan oleh google sehingga kesannya tidak pakai.

Berbagai Macam Hosting

jenis hosting

Banyak yang belum paham jika jenis hosting berbeda-beda sesuai dengan apa yang menjadi spesifikasi. Namun yang banyak tahu jika hosting itu dipakai sendiri padahal ada loh yang dipakai ramai-ramai.

Selain itu hosting juga dikenal kekuatannya untuk menampung saat diakses banyak user. Tidak sekedar menyimpan data atau menjadi dasar dari sebuah website saja.

Untuk tahu lebih jelas beberapa jenis hosting berikut ini kami uraikan detailnya.

Shared Hosting

Shared hosting ini paling banyak dikenal dan dipakai oleh pengguna awal hingga expert untuk website. Logika shared hosting ada pada sebuah hosting yang dipecah untuk dipakai oleh beberapa client sehingga bisa bersama-sama menikmati layanna hosting tersebut.

Biaya untuk shared hosting terbilang murah mulai dari 10.000/bulan hingga ratusan ribu. Karena dipakai bersama-sama jadi kesan murahnya dapat.

Iklan yang sering muncul mengenai shared hosting yaitu unlimited. Padahal itu semua hanya kamuflase saja. Tidak ada shared hosting unlimited adanya dibatasi karena memakai secara bersama dengan client lain.

Saat ini, website https://hostingcouponoffer.com juga masih menggunakan shared hosting sebagai layanan kepercayaan. Bukan apa, karena memang belum butuh spesifikasi yang lebih besar.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan jenis layanan hosting yang dikhususkan untuk satu client. Tidak untuk bersama dengan client lain sehingga lebih power full dalam segala hal karena digunakan sendiri.

Dedicated hosting juga mudah digunakan karena tidak ada pengaturan khusus. Dan biasanya bisa dipakai untuk beberapa website yang ada punya.

Jika anda punya website yang bertrafic cukup besar, dedicated hosting bisa jadi pilihan yang rekomended. Pasalnya dengan ruang simpan dan ruang akses yang besar bisa memungkinkan lebih leluasa dalam mengatur website.

Cloud Hosting

Hosting cloud mencuri perhatian pengguna website saat ini. Dengan sumber daya yang mumpuni dipastikan website akan jarang down. Dan saat ini Google cloud pun sudah sampai di Indonesia.

Cloud hosting adalah sebuah penyimpanan awan / virtual untuk website sehingga tidak terpengaruh jika server mati karena mati lampu atau yang lain. Teknologi cloud ini adalah yang terbaru daripada yang lain untuk hosting.

VPS

Kalau jenis hosting sebelumnya sumber daya yang ada sudah disetting sedemikian rupa, lain halnya dengan VPS yang harus setting sendiri mulai dari install panel.

VPS ini sangat tergantung dari RAM, CPU dan bandwidth, semakin besar maka semakin besar pula daya tampung traffic web anda. Dan yang terkenal akan murahnya VPS yaitu salah satu Vultr. Anda bisa menyewa mulai harga $3.5/bulan.

Jika anda tidak paham menggunakan VPS, saran kami lebih baik percayakan jasa pada yang lebih kompeten.

Jadi Pilih Hosting mana?

Makin bingung melihat macam-macam hosting? atau malah pengin meminang semua jenis? rasanya untuk anda yang sudah familiar dengan dunia website terutama masalah hosting, untuk pilih hosting sudah tidak jadi masalah. Tetapi bagi pemula atau masih kurang paham akan sangat menunggu rekomendasi hosting.

Kalau ditanya pilih hosting mana? jawaban kami tergantung dari kebutuhan website anda. Jika memang shared hosting masih mampu menampung traffic dan masih aman, gunakan shared hosting, namun jika sudah kewalahan segera pindah ke dedicated hosting atau VPS bagi yang sudah ngerti.

Karena hosting sangat penting, pilih yang sudha punya reputasi baik diantaranya ada Niagahoster. Jika anda ingin beli hosting murah berkualitas dan customer service yang responsif ini jawabnnya. dapatkan pula kupon diskon niagahoster disini untuk harga off 75%.

Nah itulah pembahasan kami tentang apa itu hosting dan berbagai macam yang bisa anda pilih. Semoga bermanfaat.